Berita
BDK JAKARTA MERAIH SERTIFIKAT SNI ISO 9001:2015

BDK JAKARTA MERAIH SERTIFIKAT SNI ISO 9001:2015

Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Jakarta sebagai salah satu unit pelaksana teknis di bawah Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, pada tahun 2021 ini berhasil memperoleh sertifikat SNI ISO 9001:2015 Quality Management Systems-Requirements dari Sucofindo International Certification Service.

Rangkaian kegiatan sertifikasi ISO ini, diawali dengan Pelatihan Pemahaman dan Persyaratan Sistem ISO 9001 yang diikuti oleh seluruh pegawai di BDK Jakarta, meliputi pimpinan, widyaiswara , staf struktural, pramu bakti dan satuan pengamanan. Hal ini dimaksud, agar pemahaman mengenai apa itu ISO 9001 menyeluruh ke seluruh lapisan.

Setelah itu, pelaksanaan pelatihan Audit Internal ISO 19011-2018 yang diselenggarakan secara daring oleh pegawai yang ditugaskan oleh pimpinan. Pelatihan Audit Internal ini bertujuan menyediakan auditor internal yang handal, sebagai unsur yang penting penilaian  kualitas sertifikasi ISO 9001:2015.

Terakhir, BDK Jakarta diaudit eksternal dari Sucofindo secara daring, dari hasil audit eksternal itu, menurut auditor hanya ditemukan satu temuan minor, dan temuan minor tersebut segera ditindak lanjuti oleh Tim BDK Jakarta sebagai rekomendasi dari para auditor.

Adapun lingkup penilaian sertifikasi SNI ISO 9001:2015 ini, meliputi Layanan Kediklatan pada Diklat Tenaga Administrasi, Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Diklat Tenaga Teknis Keagamaan. Dan Pengelolaan Administrasi Kediklatan, Ruang Kelas, Asrama, Media Pembelajaran, Mutu Pembelajaran, Perpustakaan, Laboratorium.

Harapan dengan adanya sertifikat ini, BDK Jakarta akan semakin mendapatkan kepercayaan dari para stakeholder, sebagai lembaga yang memiliki SDM dan sarana prasarana yang berkompeten dalam menyelenggarakan pelatihan.