Berita
Manajemen Kinerja Berbasis Digital di BDK Jakarta

Manajemen Kinerja Berbasis Digital di BDK Jakarta

Sesuai dengan perbaruan Surat Edaran Kepala Badan Kepegawaian Nasional No. 11 Tahun 2023 terkait Penggunaan dan Pemanfaatan Aplikasi E-Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN), kini seluruh ASN diwajibkan mengisi Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) melalui aplikasi E-Kinerja. Mengakomodir kebutuhan urgent tersebut pada hari ini Jum’at, 08 Desember 2023, Balai Diklat Keagamaan Jakarta mengadakan Diklat Kerjasama Instansi Lain: Manajemen Kinerja Berbasis Digital (e-kinerja dan -silat) di Aula Gedung D Kampus Balai Diklat Keagamaan Jakarta.

Kegiatan ini diikuti oleh 46 orang pegawai di Lingkungan Balai Diklat Keagamaan Jakarta dengan menghadirkan 2 (dua) orang narasumber dari BKN. Dibuka oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan Jakarta, Ali Ghozi mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi gong yang mengawali/menginisiasi ASN di Kementerian Agama serta membawa kontribusi positif dan dapat menjadi bekal bermanfaat bagi kita semua. Berikutnya kegiatan ini diharapkan juga bisa di diseminasikan dengan pegawai lainnya seoptimal mungkin dan secara maksimal kegiatan ini digunakan untuk menggali berbagai informasi yang holistik dan mendalam serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi kendala rekan-rekan ASN saat mengaplikasikannya.

Suharyati, Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian BKN menuturkan dengan adanya aplikasi e-kinerja ini kita mulai mengisi SKP dari cascading yang melibatkan keterkaitan antara penyusunan target dan indikator kerja atasan dan bawahan sehingga ada sinkronisasi antara tingkatan dalam organisasi. Platform ini memudahkan pegawai untuk mengisi pelaporan data kinerja, prestasi dan pelaporan berbasis digital yang dilakukan dalam 1 tahun. Dalam mengaplikasikan e-kinerja ini secara langsung, Asessor SDM Aparatur BKN, Thema Harlitana turut membantu rekan-rekan dalam mempraktekan pengisian SKP di aplikasi e-kinerja.

Pada sesi siang hari, kegiatan ini dilanjutkan dengan sosialisasi implementasi aplikasi Silat. Aplikasi Silat adalah Sistem Integrasi Pelatihan yang merupakan bagian dari e-office yang ada di Balai Diklat Keagamaan Jakarta. System integrasi pelatihan yang sudah dirintis ini memungkinkan banyak kemudahan dan efisiensi aktivitas administrasi pelatihan. Diantaranya dengan adanya e-sertifikat yang memungkinkan peserta mengunduh masing-masing sertifikat pelatihan yang diikutinya. Sesuai dengan prinsip yang digaungkan BDK Jakarta Efisien, Unggul, Profesional. Peningkatan beberapa fitur atau fungsi e-Silat ini diharapkan dapat memiliki kebermanfaatan untuk semua, baik internal Balai Diklat Keagamaan Jakarta maupun stakeholders.

Penulis : Sandhy Angelia Megasari