Top
    bdkjakarta@kemenag.go.id
(021) 4803577 / Fax. (021) 4803578
STREAMING YOUTUBE MENGGUNAKAN ZOOM

STREAMING YOUTUBE MENGGUNAKAN ZOOM

Rabu, 8 Juli 2020
Kategori : Artikel
44492 kali dibaca

Aplikasi zoom menjadi sangat populer saat masa pandemi covid, seiring dengan semua aktivitas klasikal, mengumpulkan orang banyak pada suatu tempat menjadi hal yang mutahil. Oleh karena itu Icon Phisycal Distancing menjadi salah obat untuk memutus mata rantai tersebarnya Virus Covid 19. Hal ini mulai terjadi di bulan februari hingga awal Juli 2020 ini, semua aktivitas perkantoran hingga pertemuan warga dilakukan melalui media internet, webinar, video conference dan lain sebagainya.

Sayangnya penggunaan zoom tidak dapat  dilakukan maksimal, jika yang akan berkumpul itu lebih dari 100 orang, karena zoom yang berbayar itu hanya menyediakan 100 client. Hal ini juga dikarenakan kemampuan infrastruktur internet yang tidak memadai jika bertatap muka langsung jika melebihi sebanyak itu. Untuk pertemuan yang lebih dari 100 orang akan dibuatkan akun-akun baru sehingga menjadi kelipatan 100, maka alternatifnya adalah menyalurkan aktivitas pertemuan secara langsung memalui internet itu dilakukan melalui media sosial. Pilihan yang sangat populer saat ini adalah Facebook dan Youtube. Jadi peserta pertemuan sebagian, sebanyak 100 orang masuk pada aplikasi zoom, sedang selebihnya menyaksikan melalui facebook dan youtube.

Tulisan ini akan memberikan tutorial bagaimana aplikasi zoom dapat dibuat bisa streaming ke youtube. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah :

  1. Zoom yang digunakan adalah yang berbayar, fasilitas ini tidak ada pada zoom yang free atau gratis, dimana hanya memberikan kesempatan pada penggunanya waktu penggunaan selama 40 menit. Harga zoom yang berbayar ini hanya $14.99 atau berkisar Rp. 225.000,- dengan rate $1 = Rp. 15.000,-
  2. Host, pengguna yang dapat melakukan streaming hanya pada level host. Co host tidak dapat melakukan streaming apalagi hanya undangan yang mengikuti aktivitas zoom
  3. Delay, ada waktu jeda yang terjadi, perbedaan beberapa menit waktu tayang pada zoom dan youtube secara langsung.

Langkah awal agar aplikasi zoom memilki fitur streaming ke youtube adalah, mengatur pada web zoom pada alamat zoom.us, masuklah sebagai pengguna akun, kemudian pilih settings dan atur pada In Meeting (Advanced) dengan menggeser pada posisi on: Allow live streaming meetings, kemudian centang pilihan youtube. Terakhir adalah save agar pengaturan tersimpan. Lihat gambar di bawah ini.


Gambar 1 Pengaturan Zoom guna Streaming ke Youtube

Langkah berikutnya adalah, menyambungkan zoom dengan youtube. Lihat di aplikasi zoom, akan tersedia pilihan untuk streaming ke youtube. Bagi yang belum ada fitur ini, maka lakukan langkah di atas. Pada aplikasi zoom fitur menyambungkan ke youtube ada pada pilihan more yang berada pada pengaturan zoom yang berada pada posisi paling bawah sebelah kanan. Atau lihat gambar berikut ini


Gambar 2. Fitur Live on Youtube

Langkah Terakhir adalah mengatur tampilan pada youtube, pada pengaturan ini adalah mengisi Judul live streaming yang akan dilakukan, kemudian memilih Privacy. Privacy adalah mengatur siapa sajakah pemirsa yang dibolehkan untuk menyaksikan streaming, ada 3 pilihan, 1. Public, 2 Unlisted dan terakhir adalah 3 Private. Pilihan Public diperuntukan bagi siapapun bisa menyaksikan live streaming, Unlisted bagi yang memiliki alamat streaming sedangkan pilihan private hanya untuk admin.

Catatan bagi pengguna youtube yang baru pertama kali melakukan streaming, maka pihak youtube akan memverifikasi akun selama paling lama 24 jam. Maka sebaiknya sebelum streaming yang kali pertama dilakukan, sehari sebelumnya sudah dilakukan verifikasi.

Maka partisipan zoom yang lebih dari 100 orang akan bisa menyaksikan, seminar ataupun webinar pada youtube. Mereka dapat bertanya pada comment di youtube, sama halnya dengan peserta yang bertanya pada comment pada zoom. Hanya saja partisipan yang melihat dari media sosial tidak terlihat wajahnya pada zoom sebagai bukti kehadiran, sebagai alternatif bisa menuliskan kehadirannya, juga pada kolom komenter.

Kegiatan pembukaan pelatihan, dengan peserta sebanyak 40 orang pada satu pelatihan, jika pada satu gelombang dengan tiga pelatihan secara bersamaan maka permasalahan yang timbul karena tidak semua peserta bisa menyaksikan zoom akan terjawab dengan streaming youtube melalui zoom ini. Demikian terimakasih


Sumber :

Penulis : Ahmad Wildanus

Editor : Ika Berdiati

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP