Selasa, 30 September 2014
   HOME   PRODUK PERUNDANGAN   PROFIL      KONTAK KAMI    BUKU TAMU    GALERI   LINK TERKAIT    SITEMAP   






Pembukaan Diklat Jarak Jauh (DJJ)

Foto

Pada tahun 2009 Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang paradigma baru kediklatan di lingkungan Kementerian Agama. Salah satu paradigma baru kediklatan tersebut adalah penyelenggaraan Diklat Jarak Jauh (DJJ).

Tahun ini Balai Diklat Keagamaan (BDK) Jakarta menyelenggarakan 3 (tiga) angkatan Diklat Jarak Jauh yaitu DJJ Guru Mata Pelajaran IPA Madrasah Tsanawiyah (MTs), Bahasa Indonesia Madrasah Aliyah (MA) dan DJJ Guru Pendidikan Agama Islam SMP.

Bertempat di Kampus Balai Diklat Keagamaan Jakarta, Balai Diklat Keagamaan Jakarta melaksanakan Pembukaan sekaligus Tutorial I DJJ Guru Mata Pelajaran IPA MTs, B.Indonesia MA dan PAI SMP pada tanggal 14, 15 dan 16 September 2011. Tujuan tutorial tersebut adalah memberikan pengarahan teknis proses pembelajaran DJJ sebelum pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara online selama 3 bulan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan Jakarta, Drs. H. Dadang Baihaki, M.Si. Dalam pengarahannya beliau menyampaikan bahwa jumlah jam pelatihan dalam DJJ ini disetarakan dengan Diklat reguler 100 jam pelatihan. Oleh karena itu peserta dituntut untuk mengalokasikan waktunya beberapa jam setiap pekan sehingga dapat mengikuti proses pembelajaran berbasis web ini. Beliau juga menambahkan bahwa Diklat ini diikuti oleh peserta dari wilayah kerja Balai Diklat Keagamaan Jakarta yaitu Provinsi DKI Jakarta, Banten dan Kalimantan Barat.

Dalam pelaksanaanya proses pembelajaran DJJ menggunakan Moodle yaitu sebuah nama program aplikasi yang dapat merubah sebuah media pembelajaran kedalam bentuk web. Aplikasi ini memungkinkan peserta untuk masuk kedalam "ruang kelas" digital untuk mengakses materi-materi pembelajaran. Dengan menggunakan Moodle, Tutor dan peserta dapat membuat materi pembelajaran, kuis, dan melakukan kegiatan pembelajaran lainnya.

Bahkan selain itu dalam pantauan MEdIK, proses pembelajaran DJJ juga menggunakan media Facebook, E-mail dan lain-lain guna memudahkan komunikasi antar Tutor, Admin, dan Peserta DJJ.

Fasilitator pada DJJ Guru Mata Pelajaran IPA MTs adalah Drs. Asip, M.Ed, Dra. Marina Setiawati, M.Si dan Drs. Juanda Kasim, M.Ed. Sedangkan Fasilitator pada DJJ Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia MA adalah Drs. Atna Suhatman, Rabiah Ummi Kultusm, M.Pd.I dan Drs. M. Djuanda, M.Ed. Fasilitator pada DJJ PAI SMP adalah Asroi, S.Ag, M.Pd dan Suhri Nasution, M.Ag dan Iwan Falahudin, M.Pd.I. Selain itu yang ditunjuk menjadi Admin pada DJJ ini adalah Ahmad Wildanus,M.Kom, Deden Wahyudin, S.Fil.I dan Abu Fadhailal Syarief, S.Kom

Sebelumnya, Pendafataran DJJ Balai Diklat Keagamaan Jakarta dilakukan melalui website http://bdkjakarta.kemenag.go.id/. Peserta yang terdaftar dilakukan seleksi dan verifikasi oleh Tim DJJ yang kemudian hasil seleksi tersebut ditetapkan sebagai calon peserta DJJ Guru Mata Pelajaran terkait.

Dengan pelaksanaan DJJ ini diharapkan dapat memberikan kesempatan Diklat seluas-luasnya bagi stake holder sehingga terjadi pemerataan Diklat di Lingkungan Kementerian Agama. Semoga! (D2N).

Diupload oleh deden (-) dalam kategori Diklat Teknis pada tanggal 16-09-2011 00:00

Berita Terkait
©2008 Kementerian Agama Republik Indonesia Balai Diklat Jakarta
Halaman ini diproses dalam waktu 0.005298 detik