Artikel
SIKEMBAR YANG MENAMBAH PINTAR

SIKEMBAR YANG MENAMBAH PINTAR

Oleh Fitriyani
Guru pada MTs Negeri 2 Pandeglang

Pembelajaran yang harus diperoleh oleh setiap anak seharusnya pembelajaran yang kreatif dan inovatif serta menyenangkan. Akan tetapi dimasa pandemik covid-19 sekarang ini, semua sistem pembelajaran di sekolah berubah secara drastis, pemerintah secara resmi telah melarang pembelajaran tatap muka disekolah semenjak akhir maret 2019 lalu yang tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran virus covd-19. Pembelajaran  yang biasanya dilakukan secara tatap muka berubah  menjadi BDR (belajar dari rumah). Dimana sekarang ini siswa dituntut untuk bisa belajar secara online atau daring (dalam jaringan). Supaya mereka terhindar dari virus corona. Hal itu mengakibatkan siswa dituntut untuk selalu berinteraksi dengan handphonenya untuk mengerjakan setiap tugas yang diberikan oleh guru di sekolah, walaupun belajar online itu dirasa cukup praktis dan efektif pada situasi seperti sekarang ini karena siswa bisa belajar dari rumah dan bisa belajar dimana saja akan tetapi belajar dengan menggunakan handphone secara terus menerus tentu membuat sebagian siswa pada suatu ketika merasa jenuh dan bosan, walaupun sudah banyak aplikasi yang dibuat semenarik mungkin agar siwa bisa belajar dengan mudah dan  menarik seperti aplikasi google classroom, quizziz, dan lain-lain. Tetapi pembelajaran secara online tentunya membutuhkan daya dukung seperti  pulsa atau kuota internet yang terkadang tidak setaip saat anak memiliki kuota tersebut ditambah jaringan yang harus selalu bagus agar bisa mengakses internet. Dan hp yang memiliki aplikasi android tentunya. Pembelajaran secara tatap muka dengan interaksi fisik dan komunikasi dengan teman atau guru secara langsung akan memperoleh hasil belajar yang berbeda dengan pembelajaran secara online. Apalagi untuk mempelajari mata pelajaran bahasa inggris yang tentunya harus banyak praktek untuk bisa menguasainya.

Pelajaran bahasa inggris merupakan salah satu pelajaran yang dirasa sulit oleh sebagian besar siswa, hal itu dikarenakan mereka tidak tahu arti katanya dan tidak paham pola kalimat dalam bahasa inggris yang memang sedikit berbeda dengan pola kalimat dalam bahasa indonesia, selain itu metode pembelajaran yang dilakukan disekolah cenderung monoton dan kurang variatif sehingga siswa tidak termotivasi untuk belajar bahasa inggris, ditambah situasi pandemik seperti sekarang ini tentu siswa banyak sekali yang mengalami kesulitan untuk bisa belajar bahasa inggris  secara maksimal karena belajarnya hanya membaca atau melihat video pembelajaran di handphone tanpa bisa mempraktekannya secara langsung. Untuk mengatasi masalah tersebut tentu kita harus mencari cara atau solusi agar anak-anak kita bisa belajar dengan mudah tanpa mengalami kejenuhan atau kebosanan. Untuk itu kita bisa gunakan metode dan media disekitar kita yang salah satunya adalah permainan kartu kembar. Disini Sikembar yang menambah pintar adalah salah satu sebuah permainan edukatif, kartu kembar yang digunakan bisa sebagai media untuk  pembelajaran di kelas atau bisa dimainkan di rumah dengan teman teman atau keluarga yang memang sekarang ini anak-anak hanya bisa belajar dari rumah, metode ini diharapkan bisa menarik minat  dan memotivasi anak dalam belajar bahasa inggris khususnya. Karena dengan permainan kartu kembar ini anak bisa belajar sambil bermain dengan suasana yang santai dan menyenangkan dan bisa secara langsung menghafal kosa kata dalam  bahasa inggris dengan mudah.

Sikembar adalah sebuah kartu kembar yang terbuat dari karton atau kertas tebal yang berukuran sekitar 4×4 cm atau bisa disesuaikan ukurannya dan jumlahnya sekitar 16 sampai 40 kartu atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau jumlah pemain. Sedangkan untuk tema kartu tersebut bisa disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan atau yang sedang dipelajari, bisa tentang alat transportasi, binatang, makanan atau minuman atau benda-benda disekolah dan lain sebagainya. Sebagai contoh tema yang digunakan adalah tentang benda diruang kelas, maka kita cari gambar benda-benda yang berkaitan dengan ruang kelas.

Didalam kartu tersebut nantinya dibuat gambar atau juga dengan mengcopy gambar lalu digunting dan ditempelkan pada kertas karton dan dituliskan kata bahasa inggris sesuai dengan gambar, contoh gambar sebuah jam dan kita tuliskan dibawahnya dengan kata a clock. buatlah kartu yang sama dengan gambar dan tulisan yang sama.dan begitu seterusnya untuk gambar yang lain hingga selesai.

Setelah kartu sudah selesai dibuat,  maka permainan siap dimulai. Adapun cara bermainnya adalah pertama-tama buatlah kelompok kecil yang terdiri dari 2 sampai 4 orang. Lalu kartu tersebut diacak atau dikocok kemudian dibagikan kepada setiap orang dengan masing masing mendapatkan 3 kartu. Lalu sisa kartunya ditumpuk dengan posisi terbalik sehingga tidak terlihat gambarnya, kemudian kartu yang ditumpuk tadi satu persatu dibuka dan dibacakan dengan keras oleh salah satu anak dan anak yang lain bersiap untuk menyamakan kartunya dengan kartu yang dibacakan tadi.

Hal itu diulangi secara terus menerus sampai salah satu anak menemukan kembaran kartunya hingga habis kartunya dan siswa tersebut menjadi  pemenangnya. Permainan tersebut bisa dilihat pada gambar diatas. Atau bisa dengan cara bermain lainnya seperti menyusun semua kartu dilantai dengan susunan 4×4 atau 6×6 tergantung jumlah pemain dan dalam posisi tertutup, kemudian setiap anak diberi kesempatan untuk membalikkan kartu secara acak sejumlah dua kartu, jika gambar yang muncul tidak sama maka ia harus segera menutup kembali kartu itu dan memberikan kesempatan kepada yang lain untuk bermain.

Jika gambar yang muncul itu kembar atau sama maka ia berhak mengambil kartu tersebut. Dan pemenangnya adalah anak yang mendapatkan kartu kembar terbanyak. Permainan kartu kembar ini juga bisa digunkan untuk semua mata pelajaran dan juga bisa dimainkan tidak hanya sekolah tapi dirumah dengan teman sepermainan atau dengan keluarga dirumah. Karena pembuatan kartu kembar ini sangat mudah dan bahan dan alatnya mudah didapatkan dilingkungan sekitar kita. Dan tentunya mereka merasa senang dan gembira karena bisa belajar sambil bermain. Pembelajaran dengan menggunakan kartu kembar ini, anak anak akan dengan mudah mengingat gambar dan tulisan, jika dimainkan 3 sampai 4 kali biasanya mereka akan hafal dengan sendirinya. Hal ini bisa sangat membantu guru bahsa inggris disekolah yang selama ini dirasa sulit jika anak-anak harus menghafal kosa kata, karena dengan anak tau dan hafal banyak kosa kata bahasa inggris ini tentunya bisa mempermudah anak untuk bisa menguasai materi pelajaran bhasa inggris. Dan untuk para orang tua juga sangat membantu karena dengan anak belajar menggunakan kartu kembar ini maka anak tidak selalu ketergantungan dengan handphone dimana jika anak tidak bisa menggunakan handphone sebagaimana fungsinya maka akan berdampak negatif.

Dari hal hal yang disebutkan diatas, maka kita bisa simpulkan bahwa kartu kembar ini adalah sebagai salah satu permainan edukatif yang ada dari sekian banyak permainan tradisional yang dimainkan oleh anak anak. Tidak hanya guru ataupun orang tua dirumah tetapi kita semua bisa menciptakan metode pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan dengan menggunakan bahan-bahan dan alat disekitar kita, karena banyak sekali permainan tradisional atau permainan edukatf yang sering dimainkan anak-anak dirumah yang bisa kita jadikan alat atau metode untuk belajar yang bisa kita modifikasi sedemikian rupa, sehingga anak-anak tidak merasa jenuh dan bosan dan tentunya ini akan mempererat hubungan antara kita dengan anak-anak dan tidak kalah peting tentunya dengan  permainan ini akan mengurangi  rasa ketergantungan mereka terhadap handphone. Dalam situasi sekarang ini tentunya banyak hal hal positif yang bisa kita lakukan dirumah dengan cara cara yang tentunya harus lebih bervariatif dan harus berinovasi. Apapun kondisinya sekarang ini, kita harus terus tetap semangat dalam belajar dan berkarya.