Guru harus bertransformasi dalam pembelajaran
Perkembangan didunia pendidikan di Indonesia terjadi sangat cepat seiring dinamika yang ada dalam kehidupan masyarakat. Di era Revolusi Industri 4.0, kita dituntut untuk bertransformasi dengan perkembangan terbaru. Kurikulum pendidikan pun terus dikembangkan untuk merespon perubahan dimaksud. Guru, sebagai instrument penting dalam pendidikan dituntut harus terus meningkatkan kapasitas agar pembelajaran yang dilaksanakan menjadi optimal mencapai tujuan pembelajaran.
Dua elemen penting yang berubah dalam kurikulum pendidikan kita, yaitu pendekatan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Pendekatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Penilaian pembelajaran menggunakan penilaian otentik. Dari sisi proses, pendekatan saintifik mendorong guru untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai media pembelajaran. Hal tersebut sangat penting untuk mendorong peserta didik cepat mengkomunikasikan gagasan, pemikiran, ide terkait tema pembelajaran. Dengan demikian, guru harus berevolusi dalam melaksanakan pembelajaran. Tinggalkan pendekatan konvensional dan segera berevolusi dan bertransformasi dengan teknologi agar pembelajaran yang dilaksanakan berjalan secara efektif.