Artikel
Belajar Bahasa Inggris Makin Seru dengan Aplikasi Baamboozle

Belajar Bahasa Inggris Makin Seru dengan Aplikasi Baamboozle

Oleh : Sri Wardani, S. Pd.

Guru pada MAN 1 Kota Tangerang Selatan

Di era sekarang ini, Bahasa Inggris perlu dikuasai dengan baik, sehingga penting sekali untuk mempelajarinya dengan benar.  Bahasa Inggris bisa dikatakan sebagai Bahasa yang paling banyak digunakan oleh penduduk dunia dan dianggap sebagai bahasa ibu oleh lebih dari 400 juta orang di dunia!

Alasan lainnya mengapa penting memliki penguasaan Bahasa Inggris adalah terbukanya peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus. Bukan rahasia umum lagi bahwa fasih berbahasa Inggris menjadi salah satu persyaratan yang diajukan oleh perusahaan untuk merekrut karyawannya. Lebih-lebih jika perusahaan yang dituju merupakan perusahaan multinasional atau perusahaan terkemuka. It is a must to master English for them!

Masih banyak lagi alasan mengapa kita perlu menguasai Bahasa Inggris. Namun fokus penulis kali ini bukanlah pada alasan mengapa penting belajar Bahasa Inggris, akan tetapi pada bagaimana cara agar belajar Bahasa Inggris semakin mudah dan seru dilakukan, khususnya bagi para pelajar. Di atas semua itu yang lebih penting lagi adalah meningkatnya antusiasme/minat pelajar (baca: siswa) untuk belajar Bahasa Inggris. Dengan antusiasme yang tinggi, hasil belajar juga diharapkan akan meningkat (Sari: 2018).

Aplikasi Belajar Berbasis Permainan (Game-Based Learning)

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia di awal tahun 2020 hingga saat ini menyisakan problem di masyarakat, utamanya di dunia pendidikan. Suka atau tidak, pendidikan harus terus berjalan.

Problem pembelajaran baik daring maupun tatap muka yang selalu menghantui pendidik adalah kebosanan para siswa dan kurangnya minat untuk belajar yang disebabkan oleh berbagai faktor. Kegelisahan para guru harus dikurangi melalui penciptaan inovasi dan kreativitas dengan mengembangkan metode dan media pembelajaran. Guru, apapun kondisinya, dituntut untuk mampu menggunakan teknologi untuk mengembangkan strategi pembelajaran.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sebagai pendidik, kita harus mampu beradaptasi dengan cepat dan menggunakan teknologi untuk pengembangan pembelajaran, terlebih lagi di era pandemi Covid-19 yang menginisiasi diterapkannya pembelajaran daring. Teknologi daring memungkinkan guru untuk dapat berinteraksi dengan siswa, baik itu secara satu arah ataupun dua arah. Ada banyak aplikasi yang bisa guru pakai, antara lain whatsapp, video conference, Zoom meeting, YouTube, dan lain-lain.

Dalam penyampaian pelajaran, baik daring maupun tatap muka, guru harus bisa kreatif agar siswa tidak merasa jenuh selama melaksanakan pembelajaran. Variasi penggunaan media belajar yang disesuaikan dengan kondisi siswa sangat diperlukan agar dapat membuat siswa belajar dengan baik. Pada umumnya media pembelajaran bermanfaat untuk mempermudah interaksi antara guru dan siswa dapat lebih efektif dan efisien dalam pembelajaran. Oleh karena itu, guru berkewajiban untuk merancang pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan siswa agar proses pembelajaran menarik dan menyenangkan (Hamid, Sentrvo, dan Hasan 2020). Pemberian selingan berupa game di tengah pembelajaran juga dapat menjadi solusi untuk dapat membuat suasana belajar lebih menyenangkan.

Generasi Z merupakan generasi yang sudah tidak asing lagi dengan gadget dan game. Para siswa, dari anak sampai remaja, umumnya menyukai game, sehingga penggunaan game-based learning cocok diterapkan pada kondisi generasi digital seperti sekarang ini. Game-based learning adalah metode pembelajaran yang menggunakan aplikasi permainan/game yang telah dirancang khusus untuk membantu dalam proses pembelajaran.

Hal ini sejalan dengan pendapat Maiga (2009:198), yang mengatakan bahwa bermain merupakan bagian penting dalam lingkungan belajar karena bisa meningkatkan pengalaman belajar yang mudah diingat, mempertinggi suasana hati dan membuat pembelajaran menjadi efektif.

Salah satu media pembelajaran yang menarik untuk diterapkan serta dapat juga mengatasi kebosanan siswa adalah aplikasi Baamboozle.

Aplikasi Baamboozle dan Pembelajaran Bahasa Inggris

Apa itu Baamboozle?

Baamboozle (https://www.baamboozle.com/games) merupakan game edukasi berbasis web aplikasi yang menyediakan beragam game interaktif dan menarik. Platform ini berbasis komunitas sehingga kita dapat melihat dan menggunakan game dan kuis. yang sudah dibuat oleh anggota lain.

Baamboozle dengan motto “One million games made by teachers” menyediakan ratusan game dan kuis dengan berbagai tema dan topik yang dapat digunakan untuk berbagai mata pelajaran, lebih-lebih pelajaran Bahasa Inggris. Hanya dengan mengetik alamat web, lalu mencari topik yang ingin kita pakai dalam pencarian, akan muncul puluhan game dan kuis. Tekan tombol play, dan pilih jenis kuis atau game yang akan dimainkan. Sebagian game berbayar, pilih yang free kalua ingin gratis.

Ketika pertama kali penulis menggunakan aplikasi ini di beberapa kelas, respon yang didapat sangat luar biasa. Hampir seluruh siswa di kelas antusias dan excited dengan kuis/game yang baru saja mereka mainkan. Siswa penulis bagi dalam dua kelompok, putra dan putri. Masing-masing kelompok bergantian menjawab pertanyaan yang ada di kuis terkait materi Bahasa Inggris yang sedang dibahas. Moment yang paling seru adalah ketika satu kelompok mendapatkan gilirannya untuk memilih nomor soal, dan tiba-tiba isinya adalah nilai mereka harus dikurangi. Ada juga instruksi penambahan skor sebelum menjawab apapun. Kebayang kan gimana serunya kelas!

Jangan heran kalau anak-anak tersebut pada minta diulang lagi ketika sudah selesai satu permainan. Kalau sudah begini, tercapailah itu tujuan pembelajaran.

So, kesimpulannya sebagai guru, kita harus terus belajar dan tidak pernah bosan mencari strategi, model dan media pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik. Salah satu media pembelajaran interaktif berbasis permainan adalah Baamboozle. Dengan pemilihan model dan media pembelajaran yang tepat, tidak akan ada lagi ditemukan siswa yang tidur di kelas. Sebaliknya semua bersemangat dan tertantang untuk menjadi pemenang. Selamat mencoba.

Editor : Ika Berdiati