Berita
Uji Publik e-AKP BDK Jakarta

Uji Publik e-AKP BDK Jakarta

Pada hari Jumat 27 November BDK Jakarta melakukan uji publik aplikasi Analisis Kebutuhan Pelatihan berbasis Elektronik (e-AKP) bertempat di Hotel Amaris Bekasi. Uji publik tersebut melibatkan 20 Guru PNS Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah yang bertugas di Kota Jakarta Timur. Acara dibuka oleh Kepala BDK Jakarta Bapak Dr. H. Susari, M.A., kemudian dilanjutkan dengan pengantar aplikasi e-AKP yang dipandu oleh Dr. Asip Suryadi, M.Ed. Acara tersebut terlaksana atas pengelolaan panitia yang digawangi Sahro wardi, Kepala Seksi Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan BDK Jakarta.

Analisis Kebutuhan Pelataihan (AKP) merupakan salah satu komponen dalam siklus kediklatan. Dalam siklus tersebut salah satu fungsi AKP adalah untuk mengumpulkan data mengenai profil kompetensi pegawai. Profil tersebut akan digunakan sebagal landasan untuk merancang program peningkatan kompetensi pegawai dalam bentuk pelatihan. Selain itu hasl AKP dapat dimanfaatkan oleh instansi tempat responden bertugas untuk merancang program peningkatakn kompetensi dalam bentuk program pengembangan kompetensi internal instansi.

Untuk sementara instrument pada e-AKP yang sedang dikembangkan untuk jabatan guru. Selanjutnya akan dikembangkan instrument untuk jabatan lainnya secara bertahap. Instrumen disajikan untuk pemetaan kompetensi teknis, manajerial dan sosiokultural. Untuk pemetaan kompetensi teknis digunakan soal pilihan ganda dan unggah dokumen, sementara untuk memetakan kompoetensi manajerial dan sosiokultural digunakan studi kasus.

Pemilihan penggunaan aplikasi berbasis digital dalam AKP dimaksudkan agar proses AKP lebih mudah, lebih murah dan agar dapat menjangkau pegawai yang lebih banyak. Selain itu data AKP dapat direkap dan diolah dengan mudah dan cepat. Aplikasi tersebut merupakan salah satu komponen dalam e-office BDK Jakarta yang terhubung dengan komponen lainnya secara terintegrasi