Top
    bdkjakarta@kemenag.go.id
(021) 4803577 / Fax. (021) 4803578

Sesban Mengajak Guru PAI dan Penyuluh Agama Sambas untuk Meningkatkan Pola Kerja Profesional

Sabtu, 11 Juni 2022
Kategori: Berita
86 kali dibaca

Sambas, Pada kesempatan menyampaikan materi Sistem Peningkatan Sumber Daya Manusia Kementerian Agama, Sekretaris Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Muharam Marzuki, mengajak para peserta Pelatihan Kerukunan Umat Beragama dan PAI SMP pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sambas, untuk meningkatkan pola kerja profesional.

Benang merah dari adanya dua pelatihan yang telah dilaksanakan oleh Balai Diklat Keagamaan Jakarta di Sambas, selain bertujuan meningkatkan unsur kognitif para peserta, adalah membawa misi menteri agama, caranya bagaimana memberikan peningkatan pelayanan keagamaan kepada masyarakat secara profesional.

Menurut Sesban seorang pekerja disebut profesional apabila ia telah memiliki tiga unsur, pertama profesional berarti bekerja berdasarkan ilmu pengetahuan, kedua bekerja berlandaskan regulasi atau aturan, dan ketiga si pekerja harus memiliki wawasan atau cara pandang yang luas.

“Pada dasarnya diklat adalah hak para aparatur sipil negara, akan tetapi peserta memiliki kewajiban mengimplementasikan hasil dari pelatihan yang sudah diikuti di satuan kerjanya masing-masing”. ungkap Sesban di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sambas, Sabtu (11/06/2022).

Pada upacara penutupan, Plt. Kepala Balai Diklat Keagamaan Jakarta, Sahro Wardi, menyampaikan laporan penanggungjawab tentang pelaksanaan pelatihan yang sudah dilaksanakan enam hari ke belakang, dari tanggal 6 s.d. 11 Juni 2022. Dalam laporannya, ia menyampaikan hasil output pelatihan yang berjumlah 60 orang peserta untuk dua pelatihan, dan klasifikasi kelulusan masing-masing kelas.

Hadir juga pada upacara penutupan, Kepala Bagian Keuangan Badan Litbang dan Diklat, Nani Sutiati. Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kankemenag Kabupaten Sambas, Nazarudin. Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, Ilham.

Selepas penutupan para peserta menerima sertifikat sebagai tanda selesai dan kelulusan dari pelatihan yang telah dilaksanakan, dukungan dan monitoring dari pihak kankemenag dan BDK Jakarta sebagai dua pihak yang menyelenggarakan pelatihan, berperan penting dalam menghasilkan outcome bermutu dari para alumni pelatihan yang semakin profesional.

Penulis :

Editor :

Sumber :


Berita Terkait

ARSIP