Berita
SEMINAR PEMAPARAN HASIL PENELITIAN  DI BALAI DIKLAT KEAGAMAAN JAKARTA

SEMINAR PEMAPARAN HASIL PENELITIAN DI BALAI DIKLAT KEAGAMAAN JAKARTA

Pembukaan Seminar hasil penelitian yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Jakarta di ruang kelas Betawi lantai dua,di buka oleh Pimpinan yang di wakili oleh pejabat kasubag bapak haji Mulyadi S.PdI dan di dampingi oleh pejabat kasi administrasi bapak haji Drs Imanuddin, bapak haji Sahro Lc kasi teknis,Koordinator widyaiswara Dr. H. Juanda Kasim, M.Ed dan para pejabat fungsional widyaiswara dan para staf. Agenda seminar pemaparan hasil penelitian yang tepatnya di buka hari kamis,tanggal 13 agustus tahun 2020 yang akan di paparkan oleh Dr. Rahmat Aulia dengan judul Implementasi Model Model Evaluasi CIPP pada Pelaksanaan Pelatihan Pelayanan Publik Melalui E-Learning di Balai Diklat Kegamaan Jakarta “. Pemaparan seminar disampaikan tepat pukul 09.00 diperkirakan disampaikan oleh Bapak Dr. rahmat Aulia kurang lebih durasi waktu tiga puluh menit dan pemaparan hasil seminar berjalan lancar.

Latar belakang pemaparan ini, Dr.Rahmat Aulia menyatakan dalam pemaparannya yaitu berkaitan dengan produktivitas aparatur pemerintah atau pegawai bahwa dalam melaksanakan sebuah pekerjaan harus sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing, dan ini adalah sesuatu yang penting, harus terus ditingkatkan guna memenuhi tuntutan pekerjaan, masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan. Peneliti menyatakan bahwa Salah satu proses kegiatan yang dapat dilakukan guna meningkatkan produktivitas hasil kerja tersebut adalah melalui program Pendidikan dan pelatihan atau yang biasa disingkat dengan Diklat.

Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini beliau bapak Dr. rahmat Aulia menyatakan dengan merumus sebuah pertanyaan permasalahan penelitiannya yaitu : “ Bagaimana Ketercapaian Pelaksanaan Pelatihan Pelayanan Publik Melalui e-Learning di BDK Jakarta dengan menggunakan Model Evaluasi CIPP?.

Dalam penelitian ini yang menjadi tujuannya adalah untuk mengetahui ketercapaian pelaksanaan Pelatihan Pelayanan Publik melalui e-Learning di BDK Jakarta menggunakan model evaluasi.

Setelah pemaparan hasil seminar ini ,panitia memberikan kesempatan kepada para undangan seminar untuk bertanya terkait seminar hasil penelitian kediklata dan beberapa penanya sangat antusias. Adapun pertanyaan berkenaan keterbatasan signal di wilayah peserta pelatihan e-learning, berkaitan dengan data questioner yang di buat oleh peneliti, masalah redaksi penulisan lulus dan tidak lulus pada peserta e-learning, benefit impact dari e-learning yang disampaikan oleh DR. Asip ,M.Ed dan termasuk penulispun diberikan kesempatan untuk bertanya terkait pertanyaan yang mendasar yaitu pemahaman evaluation research dengan pure research ,mendapat pencerahan dari beberapa senior,salah satunya penguatan yang diberikan oleh Koordinator widyaiswara bapak haji Dr. Juanda kasim, M.Ed yang menjelaskan dan memberikan penjelasan secara keilmuan.

Akhirnya sampailah pada penghujung kegiatan yang hasil akhir dan temuan dalam penelitian ini disimpulkan ke dalam empat hal yang telah dirumuskan oleh peneliti, dan yang perlu penulis sampaikan hasil pemaparan akhir yaitu sebagai berikut :

Yang pertama terkait Evaluasi Konteks (Conteks), menyatakan Sudah baik terbukti dengan adanya kejelasan dasar hukum, tujuan dan sasaran pelaksanaan program pelatihan pelayanan publik. pelatihan tersebut. Yang kedua terkait Evaluasi Masukan (Inputs) menyatakan Sudah cukup baik namun diperlukan adanya sebuah standarisasi metode dan media pembelajaran dengan membuat juknis dalam pelaksanaan Pendidikan dan pelatihan melalui e-learning, Yang ke tiga terkait  Evaluasi Proses (Process), menyatakan Struktrur kurikulum sudah sesuai dengan kebutuhan peserta, namun perlu dilakukan penyesuaian terus menerus agar sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan peserta dan pekerjaannya. Tutor juga perlu membuat terobosan-terobosan baru yang inovatif dan kreatif dalam melaksanakan pembelajaran agar pemahaman peserta terhadap substansi materi bisa optimal. Penyelenggara/admin diharapkan juga lebih responsif dan siaga pada waktu kegiatan pembelajaran dan aktif dalam membantu peserta yang penguasaan IT nya masih kurang. Yang keempat terkait Evaluasi Produk (Product), Sistem evaluasi yang selama ini dilakukan di BDK sebaiknya tetap digunakan dengan melakukan penyesuaian untuk program yang akan datang dengan merealisasikan masukan dari hasil evaluasi guna kualitas program menjadi lebih baik lagi.Dalam hasil penelitian ini , BDK Jakarta juga perlu memfasilitasi Tutor dan penyelengara dalam rangka peningkatan kompetensi dalam menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan melalui e-learning. Segenap jajaran Pejabat struktural, para fungsional dan para staf di BDK Jakarta juga diharapkan mampu menerapkan hasil dari evaluasi CIPP yang telah dilakukan dalam upaya memperbaiki program pendidikan dan pelatihan. Semoga apa yang sudah di lakukan dengan susah payah dalam dalam penelitian ini akan menjadi bahan masukan dan rekomendasi bagi kemajuan balai diklat keagamaan Jakarta kedepan.

 Seminar pemaparan hasil penelitian ini berjalan sangat lancar dengan hasil yang sangat memuaskan, sukses selalu buat DR. Rahmat Aulia, dengan mendapat dukungan dari para pejabat balai diklat keagamaan Jakarta dan para staf yang menghadiri dalam kegiatan ini serta masukan dan saran dari para pakar kediklatan dan para narasumber yang profesional . Kegiatan seminar pemaparan hasil penelitian ini di tutup oleh pejabat balai diklat keagamaan Jakarta dengan lancar.