Berita
Seminar Kediklatan dengan Tema Penggunaan Media Interaktif agar Presentasi Daring Tidak Garing

Seminar Kediklatan dengan Tema Penggunaan Media Interaktif agar Presentasi Daring Tidak Garing

Selasa, 31 Agustus 2021, Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Jakarta melaksanakan Seminar Kediklatan secara daring, dengan tema “Penggunaan Media Interaktif untuk Presentasi Tatap Maya”. Seminar yang diikuti sebanyak 95 orang ini dalam zoom dan 165 orang live youtube BDK Jakarta, menghadirkan narasumber dari internal BDK Jakarta, Dr. Asip, M.Ed., dan Mustofa Zahri, SHI.

Sebelum pemaparan kedua narasumber, Kepala Balai Diklat Keagamaan Jakarta, Dr. H. Susari, MA., menyampaikan keynote speaker, ia mengatakan agar kita para Aparatur Sipil Negara senantiasa memperbaharui informasi dan kemampuan agar tidak tertinggal dengan perubahan yang terjadi di masa kini, untuk itu, Balai Diklat Keagamaan Jakarta menyelenggarakan seminar kediklatan dengan tema yang cukup relevan dengan kondisi sekarang.

Dalam materi pertama yang disampaikan oleh Asip, ia memaparkan bahwa ada tiga metode pola presentasi dalam jaringan yang bisa digunakan oleh para peserta agar presentasi yang disampaikan tidak membuat peserta jenuh. Pertama, teknis dengan kuis, Asip mengsimulasikan penggunaan aplikasi Kahoot sebagai teknis yang pertama. Kedua, teknis dengan brainstorming, dalam teknis yang kedua ini ia mencontohkan dengan menggunakan aplikasi Padlet. Ketiga, teknis presentasi interaktif dengan polling, dalam teknis ini aplikasi yang disimulasikan adalah mentimeter.

Kemudian pada materi kedua di seminar ini, Mustofa memberikan paparan tentang bagaimana menggunakan aplikasi zoom meeting secara interaktif kepada audiens yang mengikuti sebagai peserta pada sebuah konferensi video daring. Di antara fitur interaktif dalam zoom meeting yang dimaksud adalah fitur Polling, fitur Share Screen, fitur Breakout Room, dan Fitur Reaction.

Di akhir sesi seminar, Moderator Seminar, Safirda Ilhamia Fasma, SE., menyajikan kuis dengan hadiah menarik yang diikuti oleh peserta yang tergabung di Zoom Meeting maupun yang menyimak di siaran langsung pada akun Youtube BDK Jakarta.