Berita
Rapat Kerja dan Capacity Building Pegawai BDK Jakarta

Rapat Kerja dan Capacity Building Pegawai BDK Jakarta

Balai Diklat Keagamaan Jakarta, pada tanggal 6 s.d. 8 Februari 2020 melaksanakan Rapat Kerja dan Capacity Building Pegawai di Prov. Lampung yang dibuka oleh Plt. Kepala Kanwil Kemenag Prov. Lampung Wasril Purnawan.

Dengan tema “Memperkuat Integritas, Mewujudkan Balai Diklat Keagamaan Jakarta yang Unggul, Profesional, dan Terdepan”, Raker tersebut bertujuan untuk memperkuat komitmen Pegawai Balai Diklat Keagamaan Jakarta dalam pelaksanaan kegiatan dan anggaran tahun 2020, dan diikuti oleh seluruh pegawai Balai Diklat Keagamaan Jakarta, perwakilan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama serta Kanwil Kemenag Prov. Lampung.

Dalam sambutan pembukaannya, Wasril Purnawan menyampaikan salah satu hasil RAKERNAS Kementerian Agama yaitu tidak ada lagi Visi Misi Kementerian yang ada hanyalah Visi Misi Presiden yaitu:

1. Revolusi Mental
Terkait Revolusi Mental, isu Yang diangkat adalah integritas, kurangnya integritas dalam Kementerian Agama, banyak sekali masalah-masalah moderasi beragama yang beredar di masyarakat, penyebaran berita-berita hoax terkait agama. Terkait hal itu maka perlu diberlakukannya sistem Reward dan Punishment.

2. SDM Berkualitas dan Berdaya saing di Kementerian Agama
Ini masuk kedalam wilayah Pendidikan Islam dan Universitas-universitas yang ada di Indonesia setiap kampus diharapkan memberikan kebebasan kepada mahasiswa selama 3 semester  untuk magang, baik itu terjun langsung ke masyarakat atau terjun ke industri. Diharapakan ke depan dunia kampus bisa bersinergi baik itu dengan masyarakat ataupun industri. Tapi ini bersifat optional mahasiswa boleh mangambil boleh tidak yang terpenting tiap kampus harus memberikan pilihan tersebut

3. Perlunya kita menyederhanakan pola hidup kita
Hidup itu memiliki dua pilihan yang pertama Need = Kebutuhan yang kedua Want = Keinginan, Wasril Purnawan mengutip sebuah pribahasa “Jika anda tidak mau banyak kecewa sederhanakan keinginan kita

Keesokan harinya, diadakan Capacity Buiding dengan fasilitator yang berasal dari Tim Outbond Trustco yang memfasilitasi berbagai kegiatan menarik dalam mewujudkan kebersamaan di kalangan pegawai Balai Diklat Keagamaan Jakarta.