Berita
Peserta Pelatihan di Kabupaten Serang Membangun Komitmen Belajar

Peserta Pelatihan di Kabupaten Serang Membangun Komitmen Belajar

Pada Senin, 8 Maret 2021, bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serang. Para peserta pelatihan Metodologi Pembelajaran bagi Guru Madrasah Aliyah, mengikuti materi Building Learning Commitment (BLC) sebagai salah satu rangkaian materi yang tercantum pada jadwal pelatihan.

Bertugas sebagai fasilitator pada materi BLC ini yaitu, Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Jakarta, Juanda. Dalam penyampaian materi tersebut, Juanda mengawali dengan memberikan aneka permainan yang mengajak peserta berperan aktif untuk saling mengenal satu sama lain. Dengan ajakan peserta saling mengenal, tujuannya terbangun suasana cair antar peserta selama mengikuti pelatihan yang akan dilaksanakan selama 6 (enam) hari dari tanggal 8 s.d. 13 Maret 2021.

Setelah suasana cair, dilanjutkan dengan menyusun struktur organisasi kelas secara pembagian kelompok dari keseluruhan peserta, dan dipilih secara aklamasi oleh semua peserta.

Selanjutnya materi BLC ini tentang membangun komitmen belajar antar peserta selama mengikuti pelatihan, pembuatan komitmen belajar ini merupakan elemen penting yang mendukung keberhasilan pelaksanaan pelatihan. Masing-masing peserta menyuarakan aspirasi dan usulan tentang poin-poin yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama pembelajaran, kemudian dibuat kesepakatan untuk meringkas poin yang sudah diutarakan oleh para peserta.