Berita
Penutupan Latsar Kalbar 2021

Penutupan Latsar Kalbar 2021

Rabu, 8 Desember 2021 merupakan hari Penutupan Latsar 2021 Angkatan 17. bertempat di Aula BPLP3K Anjungan, atau yang lebih dikenal dengan Balai Pelatihan Pertanian Prov. Kalimantan Barat. Penutupan secara resmi dilakukan oleh Sekretaris Badan Litbang dan Diklat (Sesban), Bapak Muharam dan didampingi oleh Plt. Kasi Administrasi M. Nasrul.

Pada penutupan ini, Sekretaris Balitbangdiklat memberikan amanat kepada para peserta Latsar yang seluruhnya merupakan CPNS Kementerian Agama yang berada di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Prov. Kalimantan Barat.

Amanat Sesban agar proses pembekalan pada Latsar dapat diterapkan baik untuk guru, dosen, dan lain-lain serta dapat menerapkan nilai-nilai yg terkandung dalam pembelajaran, sehingga menanamkan kepercayaan masyarakat luas. Misalnya, Seorang guru dapat membentuk siswa yang kompetitif, daya saing kuat, menghasilkan output/kemampuan yg mulia, mencerdaskan siswa secara spiritual, intelektual, dan sosial. Kemudian, Dosen mampu menjadikan perguruan tinggi tidak seperti mercusuar yg hanya menerangi diri sendiri, seharusnya memberikan pencahayaan secara keseluruhan. Peserta mendengarkan amanat secara antusias dan seksama selain Latsar ini juga merupakan syarat menuju 100% menjadi PNS.

Berikutnya Sesban memberikan penekanan pada amanatnya “bahwa Bekerja di Kementerian Agama memiliki kelebihan, yakni tidak hanya mengurusi urusan dunia. Pekerjaan kita membangun bidang keagamaan seperti yang tercantum dalam visi misi. Sesuai pasal 29, negara wajib memberikan penguatan keagamaan. Ilmu yg diberikan untuk kemaslahatan, bukan digunakan sembarangan untuk keburukan.” Beliau menambahkan “Jadikan nilai agama sebagai bagian koreksi diri, menjadikan diri menjadi lebih bermanfaat. Kami berharap semuanya lulus sebagai PNS Kemenag RI yang mampu mengangkat martabat diri, keluarga, lembaga. Mencoreng nama diri sendiri berarti mencoreng nama lembaga karena merupakan hal yang tidak terpisahkan.” Kemudian beliau menutup dengan motivasi agar seluruh peserta “Sukses dan selamat dari kami”.

Peserta Latsar 2021 Angkatan 17 berjumlah 39 orang yang terdiri dari 35 Guru, 1 Penyuluh Agama Katolik, 1 Pengelola Keuangan, 1 Analis Kepegawaian dan 1 Pranata Komputer. Sebaran CPNS pada masing-masing Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota sebagai berikut:

Panitia serta Widyaiswara pada Penyelenggaraan Latsar ini seluruhnya merupakan Pegawai Balai Diklat Keagamaan Jakarta, Panitia yang terdiri dari, Penanggung Jawab : Nurbahri, Ketua/PIC : Ahmad, Anggota: M. Hendrayogi Noer dan Nabiel Satya Manggala. Sedangkan, Widyaiswara yang mendampingi peserta pada keseluruhan kegiatan adalah: Ucu, Rahmat Aulia dan Ahmad Wildanus