Berita
Penguatan Kompetensi Guru Madrasah Diniyah Kota Serang

Penguatan Kompetensi Guru Madrasah Diniyah Kota Serang

Pendidikan Keagamaan Islam merupakan salah satu poros dalam tugas dan fungsi Kementerian Agama. Guna mendukung kebijakan Pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan keagamaan Islam, maka BDK Jakarta menyelenggarakan pelatihan bagi guru Madrasah Diniyah. Madrasah Diniyah merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang sangat mengutamakan pendidikan Karakter. Untuk itu menjadi sangat penting melakukan pelatihan pembelajaran bagi Guru Madrasah Diniyah.

Pelatihan diikuti oleh 30 orang Guru Madrasah Diniyah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Serang, berlangsung selama 6 hari dari tanggal 8 s.d. 13 Februari 2021 bertempat di aula Pondok Pesantren Dar El-Ihsan. Sebelum dibuka, Pelatihan menghadirkan narasumber ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Serang, dr. Leni Suryani, yang menyampaikan tata cara dan pentingnya protokol kesehatan dalam pelatihan.

Dalam sambutan pembukaanya, Kasubag Tata Usaha Kementerian Agama kota Serang, H. Amin Hidayat, M. Ag menyatakan bahwa pelatihan kali ini begitu penting dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pendidik Madrasah Diniyah khususnya Takmiliyah Awaliyah di Kota Serang. Untuk itu, beliau meminta para peserta agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti materi-materi pelatihan seperti Analisis Kompetensi yang ada di MDTA, materi esensial MDTA, Model-model dan media pembelajaran, serta penilaian serta praktek pembelajaran di MDTA. Selama pelatihan peserta difasilitasi oleh widyaiswara BDK Jakarta yaitu Robi’ah Ummi Kulsum dan Puryanto. Diharapkan tindak lanjut dari pelatihan ini memberikan semangat baru bagi para pendidik MDTA agar terus mau dan mampu mengembangkan keilmuannya yang akan sangat berguna untuk para santri atau peserta didik di MDTA.