Top
    bdkjakarta@kemenag.go.id
(021) 4803577 / Fax. (021) 4803578

Pelatihan Guru IPA MTs di Kab. Tangerang

Senin, 23 Mei 2022
Kategori: Berita
986 kali dibaca

Balai Diklat Keagamaan Jakarta pada minggu ini melaksanakan sejumlah Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) sebanyak 6 angkatan yang tersebar di Provinsi DKI Jakarta, Banten dan Kalimantan Barat.

Kali ini kegiatan PDWK IPA Guru MTs diselenggarakan di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Tangerang dengan jumlah peserta 30 orang guru baik dari Madrasah Tsanawiyah Negeri maupun Swasta. Penanggung jawab kegiatan ini, Sandhy Angelia dalam laporannya menjelaskan betapa pentingnya ASN dalam hal ini guru dapat mengembangkan kompetensinya di era 4.0.

Lebih lanjut menurutnya tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skills) guru IPA dalam pembelajaran sehingga guru juga dapat menjalankan tupoksinya sehari-hari dengan sebaik mungkin sehingga bermanfaat bagi dirinya sendiri dan lebih luas lagi terhadap unit kerjanya. Mengakhiri laporannya beliau berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai momen eksplorasi, berbagi menyumbangkan ide pikir terhadap perkembangan pengetahuan. Kiranya kegiatan ini berjalan lancar 6 (enam) hari kedepan diikuti rasa antusiasme dan partisipatif dari seluruh peserta pelatihan.

Selanjutnya Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tangerang yang dalam hal ini diwakili oleh Kasubag Tata Usaha, Hariri, menegaskan pentingnya seluruh ASN dalam membudayakan moderasi, memahami tupoksi Kementerian Agama secara keseluruhan. Menurutnya moderasi beragama sebagai salah satu dari 7 (tujuh) program prioritas Kementerian Agama adalah suatu hal yang dibutuhkan dalam hidup berdampingan, bermasyarakat dan bernegara.

Moderasi berarti tidak ekstrim, tidak berat sebelah, tidak menghina orang lain meskipun kita berbeda. Karena merupakan hal yang awal ketika kita tinggal di Indonesia dengan berbagai suku, bangsa, Agama dan ras yang beragam. Toleransi dalam bermasyarakat harus tetap dikedepankan, menghormati sesama, memiliki rasa mendahulukan orang lain ketimbang perasaan/kepengan pribadinya. Diharapkan jika kita semua memiliki rasa toleransi, menjunjung tinggi kebersamaan kita dapat istiqomah menegakan 4 pilar Indonesia yakni: Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI harga mati. Demikian yang dapat disampikan Kasubag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kab. Tangerang mengawali acara ini sekaligus membuka secara langsung Pelatihan IPA bagi Guru MTs di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Tangerang.

Penulis :

Editor :

Sumber :


Berita Terkait

ARSIP