Top
    bdkjakarta@kemenag.go.id
(021) 4803577 / Fax. (021) 4803578

Padu Padan Apel Pagi dan Ice Breaking, sebagai Upaya Mewujudkan Pembangunan Zona Integritas BDK Jakarta

Rabu, 15 Juni 2022
180 kali dibaca

Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS di seluruh instansi pemerintah diimbau untuk melaksanakan apel pagi setiap hari Senin secara rutin. Hal tersebut berlaku mulai awal tahun 2022 sesuai surat imbauan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Balai Diklat Keagamaan Jakarta telah merespons dengan baik imbauan itu dengan melaksanakan Apel Senin pagi. Apel Senin pagi tanggal 13 Juni 2022 di lapangan Latar Manggya Balai Diklat Keagamaan Jakarta terasa berbeda. Dalam kesempatan itu Plt. Kepala Balai Diklat Keagamaan Jakarta, Sahro Wardi, selaku pembina apel memberikan arahan dan motivasi. Setidaknya ada 4 (empat) hal yang disampaikan beliau dihadapan peserta apel.

Pertama, beliau mengingatkan sebagai ASN Kementerian Agama tetap berdisiplin dan berkinerja tinggi sebagai pelayan publik sekaligus pemersatu bangsa. Kedua, beliau menyampaikan progress penyerapan BDK Jakarta berdasarkan data OMPSPAN sebesar 49,07%. Beliau berpesan tetap fokus melaksanakan seluruh kegiatan sesuai rencana sehingga target realisasi Kementerian Agama bisa dicapai yaitu sebesar 75% sampai dengan bulan Juli. Ketiga, beliau mengingatkan terkait Core Value ASN dan Employer Branding ASN “Bangga Melayani Bangsa”. Core values ASN diimplementasikan dalam kata “Berakhlak” yang merupakan akronim dari ‘Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif’. Employer Branding yang merupakan motto ASN dalam bekerja menggunakan semboyan bangga melayani bangsa. Keempat, beliau menyampaikan revitalisasi sarana dan prasarana sedang berjalan sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada peserta pelatihan dan percepatan penyerapan anggaran Balai Diklat Keagamaan Jakarta. Ada beberapa pekerjaan yang sudah dan sedang dilaksanakan antara lain perbaikan ruang makan, peremajaan saluran air, perbaikan parkir kendaraan dan beberapa pengadaan belanja modal lainnya.

Ada hal berbeda dari sebelumnya, ini kali pertama, diadakan Ice Breaking setelah dilaksanakan apel. Ice breaking pasca apel diinisiasi oleh Asip, selaku koordinator tim ZI BDK Jakarta sebagai upaya membangkitkan kebersamaan, komitmen, menyelaraskan niat, hati dan tindakan untuk meraih predikat WBK dan WBBM. Dalam acara yang dikemas santai dan penuh kekeluargaan, bebrapa pegawai dibebaskan memberikan ide program dan gagasan, keinginan dan impian untuk kebaikan dan dukungan pembanguna ZI BDK Jakarta. Beberapa hal yang bisa dijadikan catatan antara lain terkait penegakan disiplin pegawai sebagaimana disebut dalam PP Nomor 94 tahun 2021, pelaksanaan tugas kantor sehari-hari berdasarkan SOP yang telah disusun, memasifkan employer branding di lembaga pelatihan dan memberlakukan reward dan punishment yang adil kepada ASN di lingkungan BDK Jakarta. Ice breaking ditutup dengan komitmen Bersama antara manajemen dan pegawai untuk melanjutkan padu padan antara Apel Senin Pagi dan Ice Breaking sebagai bentuk dukungan untuk mewujudkan BDK Jakarta sebagai lembaga pelatihan yang Unggul dan Profesional.


Penulis :

Editor :

Sumber :


Berita Terkait

ARSIP