Top
    bdkjakarta@kemenag.go.id
(021) 4803577 / Fax. (021) 4803578
OOH MATEMATIKA, MENJAUHKAH?

OOH MATEMATIKA, MENJAUHKAH?

Senin, 9 November 2020
Kategori : Artikel
179 kali dibaca

Oleh Akidin, S.Si. M.Pd.
Guru pad MTs Negeri 2 Tangerang

Mata pelajaran Matematika adalah salah satu mata pelajaran inti sehingga penting diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Tujuan pelajaran matematika adalah untuk membekali siswa memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama karena dengan belajar matematika, kita akan belajar bernalar secara kritis, kreatif dan aktif.

Namun sejak pandemic covid 19 mulai merajalela penularannya khususnya di negara kita, pemerintah menutup sekolah/madrasah, menutup dalam arti untuk tidak melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka namun secara daring (dalam jaringan). Di antara guru mata pelajaran di sekolah/madrasah, guru mata pelajaran Matematika yang paling banyak menghadapi kendala dalam menerapkan metode pembelajaran. Selama ini mata pelajaran Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit bagi kebanyakan siswa. Dengan pembelajaran tatap muka biasa saja banyak siswa yang mengalami kesulitan, apalagi jika dilaksanakan secara daring atau jarak jauh, tentu kesulitan semakin bertambah, sehingga hal ini dapat memberikan dampak buruk kepada siswa semakin tidak suka bahkan membenci dan menjauh dari pelajaran matematika.

Pada kondisi seperti ini sangat dibutuhkan guru yang kreatif, inofatif dalam merancang dan meramu materi esensial, mengembangkan metode pembelajaran yang tepat sehingga walaupun pembelajaran dilakukan dengan tidak tatap muka atau pembelajaran jarak jauh namun tetap dapat memotivasi dan menarik minat siswa untuk belajar.

CL Dillon and C.N Gunawardena (1995) menyebutkan, ada tiga hal yang akan menentukan efektivitas dalam pembelajaran jarak jauh. Pertama, teknologi. Dalam hal ini guru dan siswa harus punya akses yang mudah terhadap jaringan dengan waktu seminim mungkin. Kedua, karakteristik pengajar. Guru sebagai pengajar memegang peranan penting dalam efektivitas pembelajaran secara daring. Ketiga, karakteristik siswa sendiri. Setiap siswa memiliki karateristik spesifik yang harus dipahami oleh guru.

Salah satu teknologi berupa aplikasi  yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran jarak jauh adalah Camtasia Studio. Camtasia Studio merupakan aplikasi gratis untuk PC Windows yang dapat digunakan untuk merekam layar dan mengedit video. Aplikasi ini  biasa digunakan untuk membuat video tutorial, demo, presentasi, dan video instruksional. Aplikasi ini juga dibekali dengan fitur untuk mengedit video, termasuk fitur untuk menambahkan efek, musik, judul, anotasi dan sebagainya.

Ada tiga keuntungan menggunakan Camtasia Studio dalam pembelajaran jarak jauh. Pertama, membuat video pembelajaran dengan Camtasia Studio cukup mudah karena komputer atau laptop yang sudah terpasang Camtasia studio secara otomatis power poinnya sudah menyatu dengannya. Seperti pada gambar berikut

Kedua, video pembelajaran dengan Camtasia Sudio dapat menghadirkan guru di hadapan para siswanya dimana saja mereka belajar. Para siswa juga dapat memperhatikan guru menjelaskan seperti saat guru menjelaskan di papan tulis sambil memberikan tanda pada bagian-bagian kata atau symbol yang penting untuk menjadi perhatian siswa misal dengan garis bawah, lingkaran, bentuk segi empat. Hal ini bisa dilakukan  dengan menggunakan fasilitas pen, laser pointer dan highlighter yang ada di power poin. Dengan cara  ini siswa akan termotivasi dan berminat mengikuti pembelajaran matematika. Seperti pada gambar berikut.

 

Sosok guru hadir di depan siswa sambal menjelaskan dan memberikan tanda/coretan pada hal-hal yang penting.

Ketiga, lebih efisien menggunakan kuota internet karena video ini bisa didownload. Video pembelajaran ini bisa ditonton  berulang-ulang sampai bisa memahami isi materi pembelajaran tersebut secara offline/ tidak memggumakan kuota internet.

Langkah-langkah Membuat video pembelajaran dengan Camtasia Studio.

  1. Menginstall/memasang aplikasi Camtasia Studio di computer/laptop
  2. Membuka materi pembelajaran dalam bentuk power point /ppt yang akan dibuatkan video.
  3. Pilih/klik menu “add in”
  4. Pada bagian atas kiri, pilih/klik  “begin recording”,
  5. Pada bagian kanan bawah klik “ start your recording”, untuk memulai merekam video, audio dan isi materi pembelajaran secara otomatis.
  6. Untuk mengakhiri pembuatan video tekan “esc” pada key board.
  7. Pilih/klik “ stop recording”  kemudian tulis nama file dan simpan
  8. Untuk langsung menyimpan klik “produce your recording”
  9. Untuk mengedit video klik “edit your recording”

Video pembelajaran yang terintegrasikan dengan Camtasia Studio sangat tepat untuk digunakan pada pembelajaran matematika jarak jauh. Dengan video pembelajaran seperti ini siswa dapat melihat wajah gurunya yang sedang menjelaskan materi pembelajaran. Siswa juga dapat lebih memperhatikan pada bagian-bagian tertentu yang ditandai oleh guru sehingga lebih memudahkan untuk memahaminya. Hal ini akan lebih dapat mendorong siswa belajar dan menyenangi matematika.


Sumber :

Penulis : Akidin

Editor : Ika Berdiati

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP