INISIASI TRANSFORMASI LAYANAN PELATIHAN BDK JAKARTA MELALUI RAKER 2022

Inisiasi Transformasi Layanan Pelatihan BDK JAKARTA melalui RAKER 2022

Balai Diklat Keagamaan Jakarta mengawali kegiatan anggaran 2022 melalui Rapat Kerja (Raker). Pada tahun ini Raker dilaksanakan selama 4 hari dimulai Selasa 11 Januari 2022 dilanjutkan Kamis 13 sampai Sabtu 15 Januari 2022. Hari pertama dilaksanakan di Kampus BDK Jakarta an hari berikutnya di Grage Sangkan Hurip Resort & Spa Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Raker diikuti seluruh pegawai sejumlah 76 orang terdiri dari pimpinan, jabatan fungsional, pelaksana dan honorer.

Raker BDK Jakarta 2022 mengambil tema Transformasi Layanan Pelatihan Untuk Mewujudkan ASN Berakhlak. Tema ini merupakan follow up dari tema HAB Kementerian Agama 2022 yaitu Transforasi Layanan Ummat. Melalui Raker pegawai BDK Jakarta diajak untuk membangun koitmen dalam rangka meningkatkan mutu layanan pelatihan melalui transformasi mindset dan kinerja agar dapat memberikan kontribusi optimal dalam membangun ASN Kementerian Agama yang BERAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif). Selain itu yang lebih utama lagi BDK Jakarta bertekad untuk melakukan tarnsformasi mind set dan kinerja dalam rangka pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Diharapkan tahun ini BDK Jakarta dapat meraih gelar WBK.

Acara Raker terdiri dari beberapa acara utama yaitu pembukaan, penyampaian hasil evaluasi kinerja tahun 2022, sosialisasi Implementasi Manajemen Kinerja, Orientasi Program Pembangunan ZI 2022, penyusunan target, strategi dan program kerja jabatan dan pemberian penghargaan kepada pegawai berperilaku kerja dan berkinerja trbaik tahun 2022.

Acara pembukaan dihadiri Plt. Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Prof. Dr.H. Abu Rokhmad, M.Ag. Pada arahanya Kepala Badan mengajak seluruh pegawai untuk bersyukur atas nikmat yang sudah kita terima dari kedudukan kita sebagai ASN dan selalu menjaga profesionalitas sebagai ASN cara menambah pengetahuan dan wawasan. Belieu menegaskan bahwa posisi lembaga pelatihan sangat penting. Menurut beliau, lembaga pelatihan harus melakukan transformasi agar pegawai merasa butuh pelatihan dan layanan pelatihan yang disajikan tidak mengecewakan. Lebih spesifik lagi Kaban mengharapkan widyaiswara sebagai guru dari para guru untuk melakukan transformasi agar pegawai memperoleh manfaat optimal dari fungsi dan keberadaannya.

Acara utama Raker adalah sidang komisi dan siding pleno dengan produk dokumen target, strategi dan program kerja tahun 2022 setiap jabatan. Dalam sidang komisi pegawai akan dikelompokkan berdasarkan jabatan/rumpun jabatan untuk membahas tugas-tugas jabatan, target, strategi dan program kerja tahun 2022. Produk yang dihasilkan setiap komisi akan disesuaikan dengan program-program pada jabatan lain melalui siding pleno yang akan menghasilkan Program Kerja BDK Jakarta 2022.

Melalui Raker diharapkan BDK Jakarta dapat melaksanakan kegiatan dan anggaran secara terarah, efektif dan efisien di than 2022. Selain itu diharapkan dapat mematangkan lembaga melalui trasformasi mindset dan kinerja agar lebih siap untuk menjemput predikat WBK (AS).