Artikel
ASYIKNYA PRAKTIKUM VIRTUAL

ASYIKNYA PRAKTIKUM VIRTUAL

Oleh : Siti Ulpah, M.Pd
Guru pada MTs Negeri 2 Tangerang
 
Pendidikan merupakan hal yang paling mendasar dan kebutuhan yang sangat penting bagi semua orang. Karena pendidikan dapat mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan bersifat cerdas, berbudi luhur, mandiri, dan bertanggung jawab terhadap dirinya, bangsa dan negara serta agama.

IPA merupakan serangkaian dari gejala alam yang dapat di amati secara langsung. Pembelajaran IPA terdapat prinsip dan teori yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sains atau Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada dasarnya mencari hubungan kausal antara gejala-gejala alam di amati. IPA di dalamnya memiliki beberapa unsur utama berupa sikap, proses dan produk. Dengan demikian pembelajaran sains seharusnya tidak hanya melalui konsep, prinsip atau pun teori, tetapi juga ada proses sains yang di ajarkan melalui praktikum.

Praktikum merupakan satu hal yang pokok dalam pembelajaran IPA, karena roh pembelajaran berbasis inkuiri ada di percobaan sebagai langkah untuk membuktikan hipotesis dengan mencari data-data sebagai input untuk membuat suatu kesimpulan ilmiah. Bukan hanya kumpulan pengetahuan tapi juga merupakan proses penemuan.

Tujuan dari praktikum adalah dapat membangkitkan motivasi belajar IPA bagi siswa, dapat mengembangkan keterampilan dasar melakukan eksperimen, dapat menjadi wahana belajar pendekatan ilmiah, dapat menunjang materi pelajaran. Kegiatan praktikum ini memberi kesempatan kepada siswa untuk membuktikan teori bahkan menemukan teori. Berkaitan dengan kegiatan praktikum di sekolah, dewasa ini perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi semakin pesat dan mewarnai proses pembelajaran yang ada di sekolah. Siswa telah mampu mengoperasikan komputer, sehingga perkembangan tersebut dapat dimanfaatkan oleh guru untuk menciptakan kegiatan praktikum ynag berbeda dari sebelumnya dengan metode dengan memanfaatkan multimedia.

Praktikum virtual merupakan serangkaian alat-alat laboratorium yang berbentuk perangkat lunak/komputer berbasis multimedia interaktif yang operasikan dengan komputer dan mensimulasikan kegiatan di laboratorium seakan-akan pengguna pada laboratorium sebenarnya.

Bagaimana belajar praktikum biar menyenangkan dan serasa mengasikkan..? apalagi di masa pandemi saat ini. Guru dan siswa  berinteraksi secara virtual bisa melalui zoom tau google meet sebagai upaya memperlihatkan suasana praktikum. Alat dan bahan yang akan digunakan di jadikan praktikum bisa dipersiapkan terlebih dahulu. Tujuan praktek virtual ini adalah  reproduksi tumbuhan dimaksud para siswa memahami cara perkembangbiakan tumbuhan baik secara seksual, aseksual, maupun vegetatif buatan seperti metode stek, mencangkok, penyambungan dan okulasi.


Gambar 1. Google meet kelas 9.1

Kegiatan belajar praktikum dengan cara virtual ditengah masa pandemi ini menjadi pilihan efektif bagi guru. Guru harus merancang pembelajaran berbasis virtual ini dengan baik dan tentunya menyenangkan. Membuat suasana santai, nyaman dan ramah  media, dengan tujuan supaya siswa tertarik dan mengikuti penjelasan guru dengan fokus.

Kegiatan praktikum  juga dirancang untuk mengembangkan keterampilan proses sains yang erat kaitannya dengan keterampilan bernalar dan memecahkan masalah dalam konteks pembelajaran IPA. Praktikum membuat siswa lebih percaya atas kesimpulan pengamatan berdasarkan percobaan sendiri, namun tetap merujuk teori yang ada. Supaya para siswa bisa mengerjakan tugas  dalam kegiatan praktikum, guru dapat mengajak siswa bekerja sama ,bersikap jujur, terbuka, kritis dan bertoleransi.

Asyiknya belajar praktikum virtual, juga semakin memperkaya pengalaman siswa dengan hal-hal yang realistis. Siswa mampu mengembangkan sikap berfikir ilmiah, dengan mencoba, meneliti, mengamati dan menyimpulkan suatu prinsip konsep sains. Praktikum  memberi bekal siswa untuk membentuk konsep sendiri dan cara bagaimana mempelajari sesuatu, hingga pada akhirnya siswa mampu mengembangkan kreatifitasnya.

Kegiatan Praktikum virtual menggunakan google meet, dapat dilaksanakan dan diakses oleh semua siswa dirumah. Waktu sangat fleksibel sesuai yang telah ditentukan oleh guru. Guru menjelaskan bahwa aktifitas praktikum  dibuat dengan suasana menyenangkan, demi untuk melatih cara berpikir dan bersikap anak-anak (siswa) layaknya seorang ilmuan. Guru memberikan ruang ekspresi dan ruang eksplorasi dalam melakukan eksperimen sains sehari-hari,sehingga mereka terasah penalarannya.

Sebagai penguat kegiatan praktikum, guru juga telah menyiapkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), karena bukti ini  tidak dapat terpisahkan dari kegiatan praktikum. LKPD menjadi penuntun bagi siswa dan guru dalam kegiatan praktikum. Guru hendaknya mempersiapkan LKPD dengan matang. Instruksi dan tahapan aktivitas praktikum di dalam LKPD harus jelas menggambarkan pengetahuan dan keterampilan apa yang diakses. Jangan lupa akses keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dalam kegiatan praktikum.


Gambar 2. Siswa Praktek Mencangkok

Pengembangan keterampilan metode praktikum bagi siswa  sangat ideal dilakukan untuk mendukung pembelajaran IPA yang efektif. Kunci keberhasilan kegiatan praktikum terletak pada keterlibatan aktif peserta untuk berpikir, mengamati, melakukan pengujian, dan mengkomunikasikan hasil temuan dari eksperimen yang dilakukan. Semakin tinggi keterlibatan siswa dalam praktikum, semakin tinggi pencapaian  pemahaman dan keterampilan proses sains.

Kita akan sama-sama melihat, sejauh mana metode pembelajaran jarak jauh untuk praktikum ini dapat efektif sebagai pengganti pembelajaran tatap muka. Mengembangkan potensi dan inovasi pembelajaran di masa Covid-19 adalah komitmen dan integritas pembelajaran yang kita bangun dan wujudkan kecintaan pada anak bangsa.