Top
    bdkjakarta@kemenag.go.id
(021) 4803577 / Fax. (021) 4803578
Agenda III Klasikal Latsar 2021
Agenda III Klasikal Latsar 2021

Agenda III Klasikal Latsar 2021

Senin, 29 November 2021
Kategori : Berita
127 kali dibaca

Kamis, 25 November 2021 berlangsung materi Agenda III Klasikal dari rangkaian Latihan Dasar (Latsar) Blended yang dimulai sejak bulan 16 September 2021. Latsar Blended diawali dengan MOOC (Massive Open Online Course) yaitu kegiatan self learning, pembelajaran individu bagi peserta Latsar terkait Agenda I (Sikap dan Perilaku Bela Negara), Agenda II (ANEKA: Aneka, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi) dan Agenda 3 (Kedudukan dan Peran PNS). Bahan Pembelajaran pada MOOC sudah disediakan oleh Lembaga Administrasi Negara Sehingga CPNS yang menjadi peserta Latihan Dasar belajar secara mandiri dengan ditanda keberhasilan dengan melewati standar nilai (passing grade) yang telah ditentukan.

Kemudian dilanjutkan dengan Distance learning (DL) yaitu Pembelajaran Jarak jauh dengan metode Synchronous, tatap muka langsung dengan Tutor sebagai fasilitator, dan Asynchronous berupa pembelajaran mandiri yang berikan oleh Tutor, baik berupa Tugas Individu, Learning Journal berupa Videolog ataupun Tugas Kelompok yang dibuat juga secara daring. Pembelajaran DL ini diiringi dengan pembuatan Rancangan Aktualisasi, yaitu peserta Latsar merencanakan kegiatan yang bersifat inovatif untuk memperbaiki kinerja dalam rangka melaksanakan Tugas. Pada pembelajaran DL diharapkan peserta dapat menginternalisasi kepada diri masing-masing dari setiap agenda yang merupakan terbentuknya ASN (Aparatur Sipil Negara) yang berkarakter dan profesional.

Tahapan Klasikal diselenggarakan setelah peserta melakukan aktualisasi, yaitu merealisasikan Rancangan Aktualisasi yang telah dibuat, dalam bentuk habituasi, pembiasaan di unit kerjanya. Sehingga didapat kinerja yang lebih baik dari sebelumnya. Pada tahapan klasikal, bertujuan pada peneguhan kembali agenda 1, 2 dan 3, kali ini pertemuan secara luring, langsung dengan peserta terjadi. Sebelumnya selama 3 bulan hanya pertemuan daring. Kegiatan dilakukan di Wisma Syahida Inn Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta. Protokol kesehatan secara ketat dilakukan untuk memastikan tidak ada tersebarnya virus covid 19.

Agenda III yang terdiri dari tiga Mata Pelatihan, yaitu: Whole of Government, Manajemen ASN dan Pelayanan Publik dibahas kembali. Fasilitator yang mendampingi peserta adalah Ahmad Wildanus, S.Si, M.Kom. Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Jakarta. Pada akhir kegiatan peserta diminta untuk melakukan diskusi kelompok dengan tema yang sudah diberikan, salah satu tema adalah terkait Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Kementerian Agama, bahasan yang sangat menarik dilakukan oleh kelompok tiga, bagaimana solusi yang diberikan oleh kelompok ini agar predikat WTP atas laporan keuangan tetap dipertahankan oleh Kemenag. Solusi yang diusulkan adalah dengan pemeliharaan rutin dan berkala sarana dan prasarana Barang Milik Negara (BMN).


Sumber :

Penulis :

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP