Sabtu, 22 November 2014
   HOME   PRODUK PERUNDANGAN   PROFIL      KONTAK KAMI    BUKU TAMU    GALERI   LINK TERKAIT    SITEMAP   






Pembukaan Diklat Guru Bahasa Indonesia MTs dan Inggris MA

Foto

Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenai dirinya, budayanya dan budaya orang lain. Selain itu, pembelajaran bahasa juga membantu peserta didik mampu mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartispasi dalam masyarakat dan bahkan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imajinatif yang ada dalam dirinya.

Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulisan. Berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan menghasilkan teks lisan dan tulisan yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan inilah yang digunakan untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu mata pelajaran bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia diarahkan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut agar lulusan mampu berkomunikasi dan berwacana dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia pada tingkat literasi tertentu.

Dalam kerangka mengantarkan pencapaian target tersebut, maka Balai Diklat Keagamaan Jakarta menyelenggarakan Diklat Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia MTs dan Bahasa Inggris MA Tingkat Lanjutan pada tanggal 25 April s.d 6 Mei 2011.

Dalam laporannya Kepala Balai Diklat Keagamaan Jakarta, Drs. H. Minhajul Afkar, MM menyebutkan bahwa Diklat Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia MTs dan Bahasa Inggris MA Tingkat Lanjutan ini diikuti oleh masing-masing 30 orang peserta yang berasal dari wilayah Provinsi DKI Jakarta, Banten dan Kalimantan Barat.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Drs. H. Praptono Zamzam, M.Sc. (D2N)

Diupload oleh deden (-) dalam kategori Diklat Teknis pada tanggal 27-04-2011 00:00

Berita Terkait
©2008 Kementerian Agama Republik Indonesia Balai Diklat Jakarta
Halaman ini diproses dalam waktu 0.005649 detik